Blogger Backgrounds

Minggu, 03 Oktober 2010

METODE RISET 1

Tema / Topik : EKONOMI DAN BISNIS
Judul, Pengarang, Tahun : Judul, Pengarang, Tahun
Latar Belakang Masalah :
Bank merupakan lembaga keuangan penting dan mempengaruhi perekonomian baik secara mikro maupun secara makro .di Indonesia perbangkan mempunyai pangsa pasar bank sebesar 80 persen dari seluruh system keuangan yang ada .
Mengingat begitu besarnya peranan perbankan di Indonesia,maka pengambil keputusan perlu melakukan evaluasi kerja yang memadai .
Pada hakekatnya kinerja ekonomi terdiri dari 2 kinerja utama yaitu kinerja keuangan dan kinerja efisiensi produktivitas .
Di dalam perbankan,analisa yang banyak digunkan oleh banyak Negara untuk mengukur kinerja keuangan dan untuk mengevaluasinya adalah capital(C),asset quality(A),management(M),earning(E),liability(L),sensitivity market to risk(S) yang biasa di singkat CAMELS.
Sedangkan untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat efisiensi dan produktivitas suatu bank di gunakan pendekatan paramedik dan non paramedik .
Selam ini penilaian mengenai kinerja keuangan perbankan di Indonesia telah banyak di bahas dengan metode CAMEL namun jarang paper di nilai berdasarkan tingkat efisiensinya di lain pihak pemahaman akan kinerja efisiensi bank diperlukan dalam situasi persaingan industry perbankan yang semakin ketat terutama untuk mengantisipasi criteria bank jangkar seperti yang dipersyaratkan oleh Asitektur Perbankan Indonesia( API) .
Tujuan Penelitian :
Mengetahui dan mengevaluasi kinerja efisiensi bank umum di Indonesia periode 2002-2005 diharapkan dan diharapkan paper ini dapat memberikan solusi bagi pengembangan perbankan nasioanal .
Metodologi :
- Data sampel dan periode
Populasi dalam studi ini adalah sluruh bank umum yang terdaftar dalam BANK INDONESIA pada akhir tahun 2005 yang bejumlah 131,dan kepemilikannya dibagi menjadi BUMN sebanyak 5 bank,bank pembagunan daerah sebanyak 26,bank swasta devisa sabanyak 34,bank swasta non devisa sebanyak 37,bank campuran sebanyak 19,dan bank asaing sebanyak 11 bank .
Data sampel yang dianasisis dalam paper ini sebanyak 93 bank.
Sumber data dalah laporan keuangan yang di publikasikan pada website BANK INDONESIA pada peiode akhir tahun 2002sampai akhir tahun 2005.

- Tehnik analisa data
Analisa paramedic dan non paramedik
- Variable penelitian
pendekatan intermediate


Kesimpulan :
Beberapa hasil dari paper mepublikasikan bahwa kinerja bank ditinjau dari sisi keuangan melalui seperangkat ratio-ratio keuangan namun hanya sedikit sekali tinjauan kinerja efisiensi pada bank umum .dari hasil temuan Nampak kelompok bank BUMN (pemerintah) dan bank asing lebih bagus kinerja efisiennya dibanding kelompok bank lain .
Bank BUMN mempunyai jaringan bank yang sangat besar dan luas dan notabene dengan pengambil keputusan sehingga membuat bank tersebut berkinerja dengan baik,sedangakan untuk bank asing mempunyai kelebihan jarinagan dan manajemen yang berskala internsional dan membuat bank ini mempunyai kinerja yang bagus pula.
Saran dan usul lanjutan :
- Saran
Dari hasil temuan menunjukan bahwa bank asing dan pemerintah menunjukan lebih efisien di banding kelompok bank lain,maka di haruskan kelompok bank lain dapat merubah atau memperbaiki system untuk dapat menyaingi bank pemerintah dan bank asing.
- Usulan lanjutan
Selaku bank pemerintah seharusnya dapat membantu bank-bank swasta domestik untuk dapat bersaing dengan bank asing dengan mempelajari kelemahan yang di miliki oleh bank asing .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar