Blogger Backgrounds

Minggu, 03 Oktober 2010

METODE RISET 3

Topik /tema : Ekonomi dan bisnis
Judul ,pengarang,tahun : factor yang di pertimbankan nasabah saat memilih BTN syariah(2006)
Latar belakang masalah :
Bank syariah yang saat ini telah marak di kalangan masyarakat Indonesia,berbeda dengan bank konvesional yang berbasis ekonomi sekunder bank syariah hadir berlandaskan ekonomi islam namun begitu bukan berarti nasabah bank syariah mempertimbangkan faktor-faktor dalam memilih suatu bank syariah dari sisi syariahnya saja .
Tujuan Penelitian :
Mengidentifikasikan factor yang di pertimbangkan nasabahpada saat memilih BTN syariah dan atributyang terdapat pada dimensi(komponen factor)utama yang menjadi pertimbangan nasabah pada saat memilih BTN syariah .
Metodologi :
- Variabel
Penelitian ini menggunakan variabel bebas atau variabel pendahulu dimana yang dimana pengumpulan data selam 2 minggu dilakukan dengan reliabilitas.
- Data
Jenis pengumpulan data di gunakan dengan model impersonal atau metode survey dengan cara penelitian membuat dan menyebarkan kuesioner atau daftar tecetak yang berisikan rangkaina masalah atau suatu bidang yang akan di teliti oleh para responden.jenis kuesioner yang diberikan kepada responden bersifat langsung dengan pertanyaan terstruktur
- Tahapan Penelitian
1. Analisis statistic dan deskripsi
2. Analisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian
3. Analisis factor
4. Untuk mempermudah pengelolohab data dan menjaga keakuratan hasil pengelolahan data dipergunakan bantuan progam computer SPSS versi 12.00
- Model Penelitian
Dilakukan melalui pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Dan data kuantitatif yang menggnakan model-model matematik,statistic,ataupun komputer .
Kesimpulan :
Nasabah BTN syariah di dominasi oleh kaum pria sebanyak 58 orang,dan 22 wanita .nasabah pria sebagia besar telah menjadi 1 bulan yang lalu telah menjadi nasabah BTN syariah,produk BTN yang digunakan adalah tabungan mudharabah dan pembiayaan.dan sumber informasi yang di peroleh sebagian dari merka adalah keluarga dan relasi.dan hanya 13 orang lainnya yang memilki rekening bank syariah lain.
Factor pertaama yang mempengaruhi pertimbangan responden untuk memilih BTN syariah bukan hanya atribut syariat islamnya saja melainkan pelayanan dan keamanan fasilitas kualitas manajemen syariah,factor produk dan fasilitas dan factor eksternal .
Saran dan usul lanjutan :
- Saran
Di Indonesia sendiri system prbankan yang menggunakan syariah masih terlalu sedikit sedangkan keuntungan yang di dapat dari perbankan syariah tidaklah merugikan bagi pihak bank maupun pihak nasabah.oleh karena itu sebaiknya system perbankan syariah di masukan atau diberlakukan pula seperti adanya perbankan konvensionlal.
- Usulan lanjutan
Menerapkan system perbankan syariah di Indonesia karena tidak hanya Negara muslim saja lah yang mengakui bahwa system pebankan syariah membawa keuntungan yang lebih di banding perbankan konvensional,banyak negar-negara yang mayoritasnya non muslim pun mengakui hal ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar