Blogger Backgrounds

Minggu, 03 Oktober 2010

METODE RISET 2

Topik /tema : bisnis dan ekonomi

Judul ,pengarang,tahun : pemgembangan system informasi penjualam dsebagai alat penujnjang keputusan pemasaran (study kasus di PT.X) oleh ignasius bayu purnomodan toto sugiarto(2002)
Latar belakang masalah :
Beberapa orang mengira hanya organisasi berskala besar yang terjun dalam ekonomi yang berkembang saja yang menggunakan pemasaran hal tesebut sebenarnya kurang tepat karena kesuksesan setiap organisasi kormersil maupun nirlaba ditentukan oleh aspek pemasaran.PT.X adalah sebuah penerbit sebuah buku di Jakarta,PT.X memiliki beberapa cabang di Indonesia dan PT.X dikenal sebagai leader beberapa jenis buku di Indonesia .
Agar menjadi perusahaan yang kompetitif,maka PT.X harus memonitor keadaan pangsa pasar yang di kuasainya.untuk memonitor keadaan pasar secara rutin dan cepat di perlukan system komputerisasi yang dapat langsung mengelolah data transaksi opersional harian .
Tujuan Penelitian :
Berdasar permasalahan yang di alami oleh PT.X dalam hal pengelolahan data penjualan.penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem informasi penjualan yang terkomputerisasi yang berguna untuk mengelolah data penjualan yang menjadi informasi yang di butuhkan pihak-pihak berkempentingan di dalam PT.X
Metodologi :
Penelitian ini di lakukan dengan metode yang secara garis besar terdiri dari 3 tahap :
- Mendeskripsiskan sitem saat ini yang di gunakan
- Menganalisakinerja system yang di maksud dalam menghasilkan informasi penjualan
- Mengembangkan system penjualan baruyang terkomputerisasi

Kesimpulan
Kesuksesan organisai baik kormesial,social,maupun nirlaba banyak di tentukan oleh pemasaran.sebagai perusahaan penerbit buku di Jakarta PT.X cukup mempunyai banyak pesaing .
Untuk menghadapi para pesaing PT.X harus memonitor keadaan pangsa pasar yang telah dikuasai untuk memonitor keadaan pasar secara rutin dan cepat di perlukan system komputerisasi yang dapat langsung mengelolah data transaksi penjualan harian .
Dan dalam penelitian ini,di hasailkan suatu system penjualan yang banyak mempunyai keunggulan dibanding system lama yang masih manual.
Keandalan yang di maksud yaitu :
i. Rendahnya biya
ii. Lebih sedikitnya waktu yang di perlukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
iii. Kemudahan untuk mengoperasikan sehingga bias di kerjakan oleh hamper setiap individu yang berkepentingan dalam system tersebut
iv. Lebih banyak variasi informasi yang bias di hasilkan
Saran dan usul lanjutan
- Saran
Di lihat dari masalah yang ada adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk mengambil dan mengelolah data dari pemasaran sehingga sumber daya manusia yang bertugas tidak dapat melakukan penelitian dan analisa secara lebih cepat dan inovatif untuk membuat keputusan maka disini seharusnya tidak hanya ada perbandingan kinerja antara system kerja lama dengan system kerja yang baru dan terkomputerisasi tetapi juga harus adanya pelayanan saranan dan prasarana bagi para sumber daya untuk dapat bertugas melakukan penelitian dan analisa

- Usulan lanjutan
Di harapkan bagi PT.X agar dapat memfasilitasi para sumber dayanya dengan saraba dabn prasaran untuk melakukan tugasnya seperti memberikan pengajaran bagi para SDM nya untuk mengetahui,menggunakan dan menerapkan system baru yang terkomputerisasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar